Monday 14 January 2013

POS UN 2013

Prosedur Operasional Standar (POS) atau petunjuk pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat SMP dan SMA tahun 2012/2013 sudah diterbitkan oleh direktorat pendidikan. POS merupakan pedoman bagi Satuan Pendidikan dalam merancang dan melaksanaan UN. Berdasarkan Pos UN 2013, terdapat beberapa perbedaan dengan UN tahun 2012. Diantaranya adalah jumlah paket soal dari 5 paket menjadi 20 paket. Hal ini tentunya menjadi sebuah tantangan yang harus tanggapi secara positif dan dijawab dengan persiapan yang matang. Dalam POS UN 2013 disebutkan bahwa UN Utama untuk SMK akan dilaksanakan pada tanggal 15 - 17 April 2013. Sedangkan Ujian Teori Kejuruan (UTK) dilaksanakan pada tanggal 18 April 2013.
Mengamati syarat kelulusan UN SMK, pada UN 2013 tidak ada perbedaan dengan UN 2012. Termasuk pula terhadap perhitungan nilai ujian. Berikut contoh perhitungan kelulusan peserta didik.
KRITERIA KELULUSAN DARI SATUAN PENDIDIKAN Kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan ditentukan oleh satuan pendidikan berdasarkan rapat Dewan Guru dengan menggunakan kriteria sebagai berikut: 1.Menyelesaikan seluruh program pembelajaran; 2.Memperoleh nilai minimal baikpada penilaian akhir untuk seluruh mata pelajaran kelompok mata pelajaran agama dan akhlakmulia, kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian, kelompok mata pelajaran estetika, dan kelompokmata pelajaran jasmani, olah raga, dan kesehatan; 3.Lulus ujian sekolah/madrasah untuk kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi; dan 4.Lulus Ujian Nasional Peserta didik dinyatakan lulusUN apabila nilai rata-rata dari semua NA mencapai paling rendah 5,5 (lima koma lima) dan nilai setiap mata pelajaran paling rendah 4,0 (empat koma nol).

0 comments:

Post a Comment

Post a Comment